Rabu, 09 Desember 2015

BAB 3 TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI -B.IndonesiaKelasXIsmt1-

Rabu, 9 Desember 2015

Biografi merupakan tulisan yang berisi riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain. Secara umum biografi, berisi narasi perjalanan hidup seorang tokoh, deskripsi kegiatan atau peristiwa yang dialaminya, ekspresi termasuk gagasan, perasaan, dan pandangan hidup. Biografi juga sangat penting untuk dibaca karena di dalamnya terkandung nilai pendidikan atau moral bagi pembacanya. Contohnya: Biografi pahlawan, artis, sastrawan dll.

Autobiografi merupakan tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Dalam hal ini, autobiografi merupakan catatan tentang diri sendiri.
Kita kan sudah tahu pengertian dari Biografi dan Autobiografi, sekarang struktur atau kerangka untuk membuatnya. Pada dasarnya struktur pembuatan autobiografi maupun biografi sama saja.

Struktur Biografi dan Autobiografi

1. Latar Belakang Keluarga
     Berisi tentang keluarganya berupa kedua orang tua, tempat dan tanggal lahir, anak ke berapa, dan menceritakan saudaranya.
2. Latar Belakang Pendidikan
Berisi tentang pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya. Dan diawali dengan paragraf baru
3. Latar Belakang Prestasi
      Isinya tentang semua prestasi yang pernah diperoleh mulai dari kecil hingga sekarang.
4. Latar Belakang Pekerjaan
      Jika sudah bekerja maka mencantumkannya namun jika masih pelajar maka poin ini bisa dihilangkan. Namun jika sudah bekerja, maka diterangkan pekerjaannya.
5. Latar Belakang Hasil Karya
      Ini khusus bagi mereka yang sudah bekerja dan lagi-lagi untuk para pelajar poin ini bisa dihilangkan.

Struktur teks Cerita Ulang Biografi

  • Orientasi yang memberi pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal  lahir,  latar  belakang  keluarga,  serta  riwayat  pendidikan  tokoh  yang diangkat. 
  • Bagian berikutnya merupakan urutan peristiwa kehidupan tokoh yang pernah dialami sosok  yang  digambarkan. Pada  bagian ini  terlihat  berbagai  pengalaman  sang  tokoh, baik  peristiwa  yang  mengesankan  maupun  persoalan  yang  dihadapinya.  
  • Bagian  akhir teks  ditutup  dengan  reorientasi,  yang  berisikan  pandangan  penulis  terhadap  tokoh yang diceritakan. Bagian ini merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis teks cerita ulang biografi.

Kaidah kebahasaan

  • Pronomina atau dikenal juga dengan kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung, misalnya  ia,  -nya,  mereka,  kita,  dan  kami.
  • Pengacuan merupakan alat kohesi yang baik karena dapat menghindari pengulangan kata yang sama terus-menerus.
  • Kata-kata yang menunjukkan kejadian atau peristiwa, waktu, dan tempat.
  • Kata kerja (verba)  material  untuk  menunjukkan  aktivitas  atau  perbuatan  nyata  yang dilakukan oleh partisipan.
  • Konjungsi (kata sambung) temporal, seperti  ketika, kemudian, dan  setelah. Konjungsi digunakan untuk merangkaikan satu klausa dengan klausa yang lain dalam satu kalimat.
  • Kalimat simpleks (yang sesungguhnya sama dengan kalimat tunggal). Kalimat simpleks hanya mengandung satu struktur: subjek^predikator^(pelengkap)^(keterang an).

Tidak ada komentar: